Pages

Kamis, 01 September 2011

Tehnik Tuning atau Menyetem Gitar

1

Sebuah gitar memiliki enam senar. E, A, D, G, B, e. (dari atas Ke Bawah) Itu adalah nama string atau nada. Dengan menekan senarnya satu persatu itu akan memberikan satu tangga nada pada gitar, Anda akan mendapatkan Chord atau kunci yang berbeda jika memadukan beberapa nada sekaligus, akan tetapi gitar belum bisa langsung dimainkan, pastikan dulu kalau gitar tersebut sudah di Tuning atau di Stem. Adapun untuk Tehnik tuning atau  menyetem gitar ini dapat kita lakukan secara manual atau dengan bantuan alat (Tuner) /auto  Untuk dapat melakukan cara - cara tersebut, dasarnya kamu sudah mengenal nada untuk ke enam senar gitar tersebut dan latihan terus menerus.

Tuning / Menyetem secara Manual

Cara ini agak sedikit rumit dan perlu latihan yang berkesinambungan untuk melatih pendengaran kamu akan nada untuk masing-masing senar jadi kamu sudah harus familiar mendengar atau membedakan masing-masing nada yang dihasilkan oleh keenam senar.Kekurangannya kadang suka tidak akurat dalam menyamakan nada yang ingin kita setel.akan tetapi kelebihannya cara ini akan membantu dan melatih feeling dan pendengaran kita akan nada.

Tuning / Menyetem dengan bantuan Alat (tuner) / Auto


Untuk cara ini lebih sedikit gampang dan lebih akurat dan untuk para pemula saya sarankan untuk memakai cara ini tapi jangan lupa untuk cara manual juga harus tetap dilatih.
Disini saya akan coba berbagi cara untuk melatih tuning atau menyetem gitar secara manual, langkah-langkahnya :
  1. Pastikan kamu punya refensi nada, kamu dapat download disini untuk membantu kita dalam latihan ini
  2. Tekan Fret kolom 5 pada senar Ke 6 (nada 'A') lalu petik dan sama kan bunyi nya dengan senar 5 di open (loss tidak ditekan)
  3. Tekan Fret kolom 5 pada senar Ke 5 (nada 'D') lalu petik dan sama kan bunyi nya dengan senar 4 di open (loss tidak ditekan)
  4. Tekan Fret kolom 5 pada senar Ke 4 (nada 'G') lalu petik dan sama kan bunyi nya dengan senar 3 di open (loss tidak ditekan)
  5. Tekan Fret kolom 4 pada senar Ke 3 (nada 'B') lalu petik dan sama kan bunyi nya dengan senar 2 di open (loss tidak ditekan)
  6. Tekan Fret kolom 5 pada senar Ke 2 (nada 'e') lalu petik dan sama kan bunyi nya dengan senar 6 di open (loss tidak ditekan)
  7. Senar Ke 6 jika di open atau loss nada nya sama dengan nada pada senar Ke 1 yaitu nada 'E', perbedaannya hanya ditinggi rendahnya nada, untuk senar ke 6 nada nya rendah dan senar ke 1 tinggi.
Nah Sekarang Coba Cek lagi Referensi nada ini, lalu samakan dengan hasil latihan kamu....
    Susunan Senar  urut dari kiri ke kanan ' 6,5,4,3,2,1' (Atas ke Bawah)
    Yah... mudah-mudahan untuk Tehnik Tuning atau Menyetem Gitar  ini bisa di mengerti dan di pahami.
    Baca Juga Tips untuk memilih dan merawat senar biar awet

    Selamat Belajar... (Bersama Gitar-Ku)

    1 komentar:

    Posting Komentar

    Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di
    BersamaGitar-Ku.Blogspot.com

    Photobucket